Jumat, 26 Agustus 2011

(GoVlog-Ramadan) Pesantren Ramadhan di Mesjid Raya Ketaping

Ini kebijakan baru dari Dinas Pendidikan Kota Pariaman ( kota gue tumbuh dan berkembang ), sebuh kegiatan yang dinamakan "Pesantren Ramadhan" bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se- Kota Pariaman . kebijakan ini mengundang kontroversial, ada yang pro dan ada yang kontra. Yang saya tahu, yang kontra itu alasannya rumahnya jauh dari mesjid - mesjid yang ditentukan (yaitu mesjid-mesjid yang berada dikawasan kota) sedangkan, Siswa-siswa SMA / SMP itu ada yang dari luar kota, tentunya dalam perjalanan ke mesjid memakan waktu yang cukup lama, padahal acara dimulai setelah selesai Sahur (bagi siswa SMA) dan dilanjutkan oleh siswa SMP.

kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman ber-Presantren Ramadhan di Mesjid Raya Ketaping (mesjid dekat rumah saya)

baru masuk aja kami udah diberi tugas dalam acara Pesantren Ramadhan. ini dia tugasnya ..............


coba tebak apa???

yah., kami disuruh ngafalin 10 surat Pendek itu,, yah lumayan pendeklah dibandingkan dengan Al-Baqarah. (haha)

Oh iya,, dalam kegiatan pesantren ini, kami dari beberapa Siswa dari SMA se Pariaman dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu Al quddus, al muhaimin, al bariq, dan lain lain, sedangkan kelompok saya adalah AL Hakim

kegitan-kegiatan selama pesantren meliputi :
1. Shalat Subuh Berjamaah (absen diambil)
2. Tadarus-an (absen juga diambil)
3. Hafalan ayat diatas (juga diambil absen)
4. Sholat Dhuha (sama juga diambil)
5. Tausiyah (juga ambil absen)
6. Penampilan bakat siswa.

berikut saya pernah memotret siswa yang telah selesai sholat Dhuha.


ini teman saya namanya Muhammad Iffansyah, mungkin beliau lagi berdoa :D

dua hari sebelum penutupan Pesantren Ramadhan, pihak pengurus membuat acara lomba gitu, yaitu lomba Nyanyian Asmaul Husna dan Kultum

untuk peserta Asmaul Husna wajib diikuti oleh masing masing kelompok. kelompok saya (al hakim) yang terdiri atas Saya, Indra, Dian, Aglan, Fajhlur, dan Tedo. kami pun mengambil nomor lot untuk tampil, dusssssssssssss,,, kami dapatkan nomor 9 :D
lumayan lama :D

namun yang namanya nomor lot 9, ternyata kami tampil nomor 4 dikarenakan 5 kelompok lagi ngak mau tampil, dan mereka dipaksa tampil pada akhir acara.

lalu kamipun tampil,,,,

lirik asmaul Husna :D

astaghfirullah,,,,
astaghfirullah,,,,
astaghfirullah,,,,
astaghfirullah,,,,

Ashaduallailahaillah,,
waas haduannamuhammadarrasullah,,

aku bersaksi,,,
tiada tuhan selain Allah,,,
dan aku bersaksi,,,
nabi Muhammad utusan Allah,,

Allahummasholi'alaamuhammmad,,
yaarobbisholialaihimassalim,,

ya Allaahh..

Audzubillahiminashshaitonirojjim,,
Bismillahirrohmanirrohim,,

Walillahilasmaulhusna fad 'udzubiha,,
wadzarulladzinayulhidu naffi asmaaa ih,,
sayusshadzaunama kaa nu ya' maluun,,,

Ya Allah
Ya RAHMAN
Ya RAHIM
Ya MALIK
Ya QUDDUS
Ya SALAM
Ya MUKMIN
Ya MUHAIMIN
Ya AZIZ
Ya JABBAR
Ya MUTAKABBIR
Ya KHALIQ
Ya BARI'
Ya MUSAWWIR
Ya GHAFFAR
Ya QAHHAR
Ya WAHHAB
Ya RAZZAQ
Ya FATTAH
Ya ALIM
Ya QABIDH
Ya BASIT
Ya HAFIDD
Ya RAFI’
Ya MU’IZ
Ya MUZIL
Ya SAMI’
Ya BASIR
Ya HAKAM
Ya ‘ADL
Ya LATIF
Ya KHABIR
Ya HALIM
Ya ‘AZIM
Ya GHAFUR
Ya SYAKUR
Ya ‘ALIY
Ya KABIR
Ya HAFIZ
Ya MUQIT
Ya HASIB
Ya JALIL
Ya KARIM
Ya RAQIB
Ya MUJIB
Ya WASI’
Ya HAKIM
Ya WADUD
Ya MAJID
Ya BA’ITS
Ya SYAHID
Ya HAQ
Ya WAKIL
Ya QAWIY
Ya MATIN
Ya WALIY
Ya HAMID
Ya MUHSI
Ya MUBDI
Ya MU’ID
Ya MUHYI
Ya MUMIT
Ya HAYY
Ya QAYYUM
Ya WAJID
Ya MAJID
Ya WAHID
Ya AHAD
Ya SAMAD
Ya QADIR
Ya MUKTADIR
Ya MUKADDIM
Ya MUAKHIR
Ya AWWAL
Ya AKHIR
Ya ZAHIR
Ya BATIN
Ya WALI
Ya MUTA’ALI
Ya BARR
Ya TAWWAB
Ya MUNTAQIM
Ya ‘AFUW
Ya RAUF
Ya MALIKUL-MULK
Ya DZUL-JALALI WAL IQROM
Ya MUQSIT
Ya JAMI’
Ya GHANIY
Ya MUGHNI
Ya MANI’
Ya DARR
Ya NAFI’
Ya NUR
Ya HADI
Ya BADI’
Ya BAQI
Ya WARITS
Ya RASYID
Ya SABUR
Ya ALLAH
Ya ALLAH
Ya ALLAH
Ya ALLAH
Ya ALLAH

setelah lebih 5 menit saya (yang megang mix) saat tampil bersama teman2 saya sukses membawakan nyanyian asmaul husna dengan (izin Allah) baik.

seusai acara Nyanyian Asmaul Husna dilanjutkan dengan lomba DAI (kultum).


hari pengumuman pemenang Lomba diumumkan hari ini yaitu tanggal 15 Agustus 2011, semua peserta deg-degan menunggu hasil,

"juara lomba nyanyian asmaulhusna adalah..."

jreng jreng jrenggg,,,

Juara 3 (lupa).....
juara 2 Al hakim,,,, (hahahahahaaa)
juara 1 Al muhaimin kelompoknya si Muhammad Iffansya (yang fotonya gua pajang itu)

walau juara 2 tetep seneng kok :D
lumayan ada bonus duit Rp. 80.000 buat kami :D

makasi pak panitia :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar